MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK
Pembelajaran di sekolah dasar haruslah menarik dan
menyenangkan, hal tersebut bertujuan
agar siswa memiliki motivasi saat belajar sehingga siswa tidak mudah jenuh. Jika
guru hanya menggunakan metode ceramah di
kelas, hal ini akan membuat siswa cepat
bosan. Pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dapat digunakan dalam
beberapa waktu namun tidak untuk dilakukan setiap waktu, karena kurang baik
rasanya jika di zaman sekarang dimana inovasi dalam pendidikan banyak berkembang
dan banyaknya tersedia alat dan bahan yang dapat kita gunakan sebagai alat
bantu dalam pembelajaran kita masih saja menggunakan metode yang terkesan lebih
sederhana dan simple contohnya ceramah.
Salah satu upaya untuk membuat pembelajaran menjadi
lebih menyenangkan dan tidak monoton adalah dengan penggunaan media. Media membantu guru dalam menyampaikan
materi yang disampaikan, sehingga siswa lebih mudah untuk memahami materi
tersebut. Sejalan dengan yang
diungakapkan Dadan Djuanda dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia yang
Komunikatif dan Menyenangkan ( 2006: 102 ) menyatakan bahwa “Fungsi media
dalam proses pembelajaran merupakan
penyaji stimulus atau informasi yang berguna juga untuk meningkatkan keserasian
penerimaan informasi. Dadan Djuanda (2006: 102) menambahkan bahwa “ media akan memperjelas penyajian
pesan agar tidak terlalu verbalistis. Guru yang mengajar menggunakan media akan
sedikit lebih maju daripada yang belum menggunakan media. Siswaakan lebih
memahami suatu konsep saat guru menghadirkan media di dalam kelas.
Media yang dapat menjadi pilihan
untuk digunakan dalam pembelajaran disekolah adalah media big book. Kasihani K.E. Suyanto Kasihani K.E dalam English for Young Leraners (2007: 104) menjelaskan bahwa Big Books adalah
buku yang berukuran besar dan tulisannya besar. Sejalan dengan Kasihani K.E.
Suyanto, Strickland and Morrow (melalui Mohana Nambiar dalam Early Reading
Instruction-Big Books in the ESL Classroom. Jurnal The English Teacher (Vol
XXII). Hlm. 1-7. 1993: 1) mengartikan Big Books sebagai buku yang berukuran
besar yang dikategorikan dalam buku anak-anak yang digunakan untuk
mengembangkan kemampuan membaca permulaan serta menulis.
Berdasarkan pengertian diatas dapat kita simpulkan
bahwa media big book adalah alat yang digunakan dalam menyampaikan pesan pada
siswa berupa buku anak yang berukuran besar dan digunakan untuk tujuan agar membaca da menulis permulaan dapat tercapai
Dengan menariknya gambar yang disajikan anak
akan termotivasi dalam pembelajaran yang
dilakukan, media bigbook dapat dibuat sendiri oleh guru dan sangat cocok untuk
diterapkan di kelas rendah, hal ini sejalan dengan Kasihani K.E. Suyanto dalam English for Young Leraners (2010:
104) menjelaskan bahwa “Big Books merupakan salah satu media yang disenangi
anak-anak dan dapat dibuat sendiri oleh guru. Buku berukuran besar ini biasanya
digunakan untuk anak kelas rendah. Di dalamnya berisi cerita singkat dengan
tulisan besar diberi gambar yang warnawarni. Anak bisa membaca sendiri atau
mendengarkan ceritanya dari guru.
Keuntungan
Menggunakan Big Book
Mohana Nambiar (1993: 5) menyebutkan beberapa
keuntungan menggunakan Big Books yaitu sebagai berikut:
a. karena Big Books berukuran besar, siswa dapat
melihat gambar jalannya cerita dengan jelas, seperti saat mereka membaca buku
sendiri. Hal tersebut tentu akan menarik bagi siswa,
b. Big Books membuat siswa menjadi lebih fokus
terhadap bahan bacaan dan juga guru. Biasanya jika guru menggunakan buku biasa,
siswa akan asyik bermain sendiri. Namun, dengan Big Books siswa akan tertarik
dan mau mendengarkan cerita dari guru,
c. siswa akan lebih mengerti dan memahami isi cerita
dalam Big Books daripada buku bacaan biasa karena kata-kata yang terdapat dalam
Big Books merupakan kata-kata sederhana. Siswa dapat mengikuti setiap kata yang
diucapkan oleh guru dan mengetahui bagaimana penulisannya,
d. Big Books memfasilitasi siswa seakan-akan melihat
langsung cerita yang dibacakan guru. Siswa dapat merasakan jalannya cerita, dan
e. Big Books merupakan hal baru yang akan membuat
siswa tertarik dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi terhadap apa yang ada
di dalamnya. Sehingga, siswa menjadi antusias dalam pembelajaran.
Sumber Rujukan : (Yuniarti, Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui
Media Big Books Siswa Kelas Ib Sdn Mangiran Kecamatan Srandakan, Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Juli 2014)
berikut merupakan salah satu contoh desain big book yang saya buat terkhusus untuk anak tunagrahita ringan ...
ini merupakan salah satu tugas mata kuliah pendidikan bahasa indonesia dengan dosen pengampu Ibu Dr. Yuliati, M.Pd, saya ucapkan terimakasih kepada ibu yang telah memberikan tugas ini dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah pendidikan bahasa indonesia.
About
Muhammad ulul albab
Related Posts